Pembangunan Knopi di Balai Desa Durian

, 16 Januari 2020 12:11:08 WIB

Desa Durian, Membangun Kantor Balai Desa yang memiliki nilai-nilai keindahan, kesehatan, dan juga kenyamanan memang memerlukan penanganan khusus serta perhatian lebih. Guna menimbulkan kesan anggun, dan untuk melindungi area halaman atau teras Kantor, terutama kantor yang belum memiliki car port atau garasi mobil yang tertutup, saat ini banyak kantor yang menambahkan desain kanopi untuk mempertegas estetika keindahan pada rumahnya.

Memang sangat menjengkelkan apabila kendaraan terkena hujan dan panas di sekitar halaman kantor karena tidak ada pelindung. Oleh karena itu kanopi sangat penting dalam sebuah kantor. Selain untuk memberikan kesan keindahan, kanopi juga bisa untuk melindungi kendaraan, baik pada saat hujan maupun panas.

Pada zaman sekarang yang semakin maju banyak model atau bentuk kanopi kantor. Lebih beragam dibandingkan dengan zaman dulu. Hal ini terjadi karena banyak orang yang meminta berbagai model kanopi kantor yang berbeda dan unik, sehingga banyak pengrajin yang membuat kanopi kantor yang bervariasi.

Seperti yang dikatakan Satar (15/01/2020), selaku suplier jasa pemasangan kanopi baja ringan, kanopi itu sendiri fungsinya mirip dengan genting, yakni sebagai pelindung atau penutup di bagian atas rumah maupun kantor. Biasanya kanopi ini dipasang di dekat pintu jendela, depan rumah, maupun pintu depan rumah. Tapi sekarang ini fungsi kanopi pun bermacam-macam' di mana pada depan pintu rumah biasanya digunakan untuk pelindung kendaraan yang diparkir di garasi terbuka di depan rumah maupun kantor.

Semakin banyak pemesanan kanopi kantor, semakin banyak variasi kanopi yang dibuat oleh perajin untuk memenuhi permintaan pelanggan. "Dulu modelnya standar, cuma berbentuk melengkung biasa. Sekarang banyak model. Ada yang berbentuk kurva, segitiga, dome, atau yang modelnya datar," katanya.

Dari sekian banyak pemesanan, lanjutnya, kanopi baja ringan adalah model yang paling banyak dicari meskipun kanopi baja ringan masih belum begitu familiar dengan telinga masyarakat awam. Begitupun kanopi baja ringan ini sekarang sudah banyak difungsikan di beberapa bangunan di seluruh dunia sebagai pengganti kayu.

Baja ringan, tambahnya, merupakan salah satu produk logam yang dibuat dengan teknologi terbaru di bidang konstruksi, khususnya rangka atap. Rangka atap dari baja ringan ini sudah bisa menjadi alternatif terbaik untuk menggantikan kayu.

Dikatakan baja ringan karena memang profilnya tipis sehingga ringan. Tetapi walaupun ringan, baja ringan tetap mempunyai kekuatan yang besar, yaitu high tensile G-550 Mpa. Selain kuat, kelebihan baja ringan yang lain adalah anti karat sehingga tidak perlu dicat lagi. Kandungan yang ada di dalam baja ringan, 55%-nya adalah aluminium. Dengan melihat banyaknya keunggulan baja ringan dibandingkan dengan besi biasa, perajin bisa menciptakan kanopi dari material yang menggunakan baja ringan. Biasanya disebut dengan kanopi baja ringan. "Banyak konsumen yang menyukai jenis kanopi baja ringan, malah jauh melampaui kanopi besi hollow atau pipa," tuturnya menjelaskan.

Kata dia, kanopi baja ringan mempunyai keunggulan yang diminati banyak orang di antaranya adalah anti karat sehingga kanopi baja ringan lebih tahan lama daripada kanopi jenis lainnya. Harga kanopi baja ringan juga relatif lebih murah daripada kanopi besi atau stainless steel. Selain itu, kanopi jenis ini kekuatannya lebih besar daripada baja biasa yang hanya mempunyai kekuatan sebesar G-330 Mpa.

Tidak hanya itu, kelebihan lainnya adalah bebas biaya pemeliharaan karena tidak perlu dicat dan sangat cocok untuk lokasi yang mempunyai kadar garam tinggi. Bahannya pun lebih ringan, sehingga lebih aman jika terjadi angin ribut atau gempa. Bisa diaplikasikan untuk garasi mobil, karpot, halaman toko, halaman parkir, halaman kantor, halaman masjid, balkon, dan lain sebagainya.

Kanopi baja ringan, ungkap Satar, mempunyai perbedaan yang mendasar dengan kanopi besi. Jika kanopi besi harus dicat agar tidak karatan, sedangkan kanopi baja ringan tidak perlu dicat karena sudah anti karat. Kanopi besi menggunakan besi hollow atau besi pipa, sedangkan kanopi baja ringan menggunakan baja ringan profil chanal C yang dibuat secara double. Kanopi besi harus dilas dulu sebelum pemasangan, sedangkan kanopi baja ringan tidak perlu dilas terlebih dulu.

Selain itu, kanopi besi membutuhkan biaya pemeliharaan karena harus dicat, sedangkan kanopi baja ringan bebas dari biaya pemelihaan. Kanopi besi sulit dipindahkan, sedangkan kanopi baja ringan mudah dipindahkan karena mudah dan bisa dibongkar pasang. Kanopi baja ringan bisa dirakit di bengkel las, sedangkan kanopi baja harus dirakit di rumah atau lokasi pembangunan. (SN)

Artikel Terkini

  • Bapak Jumahari Terpilih menjadi Kepala Desa 2 Periode di Desa Durian

    16 Januari 2020 12:03:41 WIB
    Bapak Jumahari Terpilih menjadi Kepala Desa 2 Periode di Desa Durian
    Desa Durian,Pemilihan kepala desa [pilkades] 2019-2025 dilaksanakan serentak di Kabupaten Batu Bara,Sumatera Utara Kamis,14 November 2019 berlangsung aman dan damai. Jumahari mengungguli Lawan Pilkades Desa Durian Kecamatan Medang Deras. Jumahari unggul 11 suara atas rivalnya Hariono. Dia menghaturk... ..selengkapnya

  • Ucapkan Selamat Pada 109 Kades Terpilih di Kabupaten Batu Bara

    16 Januari 2020 11:29:15 WIB
    Ucapkan Selamat Pada 109 Kades Terpilih di Kabupaten Batu Bara
    Batu Bara- Perhelatan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2019 di 109 desa dari 141 desa se Kabupaten Batu Bara telah usai dilaksanakan pada Kamis (14/11/2019) kemarin. Pelaksanaan Pilkades yang bisa dibilang tergolong sukses inipun, sejatinya pasti telah menyebabkan munculnya rasa puas ... ..selengkapnya

  • Polrestabes Medan Juara Turnamen Voli Piala Kapolda

    28 Januari 2019 10:04:29 WIB Administrator
    Polrestabes Medan Juara Turnamen Voli Piala Kapolda
    Medan (Pewarta.co)-Tim Bola Voli Polrestabes Medan menjuarai Turnamen Voli piala Kapolda Sumut, Irjen Pol Drs Agus Andrianto SH MH. Selain Polrestabes Medan, menyusul Tim Bola Voli dari Polres Labuhanbatu sebagai juara ke II dan juara III diraih Polres Batubara. Sedangkan Turnamen Bola Voli piala Ka... ..selengkapnya

  • Serdang Bedagai kembangkan sistem informasi desa

    26 November 2018 12:46:19 WIB Administrator
    Serdang Bedagai kembangkan sistem informasi desa
    Seirampah (Antaranews Sumut) - Pemerintah Kabupaten Serdang bedagai, Sumatera Utara, mendorong perangkat desa untuk lebih mengembangkan Sistem Informasi Desa (SID) yang selama ini sudah diterapkan dalam upaya untuk meningkatkan perekonomian masyarkaat desa.       Bupati Serdang Bedaga... ..selengkapnya

  • Peringatan Hari Guru Nasional, Ribuan Guru di Batubara Jalan Sehat

    26 November 2018 12:40:41 WIB Administrator
    Peringatan Hari Guru Nasional, Ribuan Guru di Batubara Jalan Sehat
    Medanbisnisdaily.com-Batubara. Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional ke- 73 dan HUT PGRI tahun 2018, ribuan guru di Kabupaten Batubara mengikuti jalan sehat di Kelurahan Perkebunan Sipare-Pare, Kecamatan Sei Suka, Sabtu (24/11/2018). Dalam kegiatan jalan sehat tersebut menempuh jarak sekitar ... ..selengkapnya

  • Pemkab Batu Bara Peringati Maulid Nabi

    26 November 2018 12:38:36 WIB Administrator
    Pemkab Batu Bara Peringati Maulid Nabi
    Batu Bara,Sumatera Utara-andalas  Pemerintah Kabupaten Batu Bara, memperingati Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1440 H, mengusung tema "Mari wujudkan iman dan takwa untuk membentuk kepribadian yang berakhlaqul karimah", di lapangan bola kaki, Kelurahan Limapuluh, Kecamatan Limapuluh, Kamis (22/1... ..selengkapnya

  • Inalum kirim bantuan dan tim medis ke Palu-Donggala

    09 Oktober 2018 12:23:41 WIB Administrator
    Inalum kirim bantuan dan tim medis ke Palu-Donggala
    Medan, (Antaranews Sumut) - PT. Inalum (Persero) mengirim bantuan dan tim medis ke Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, untuk meringankan derita masyarakat di daerah itu yang terdampak gempa bumi dan tsunami.       Direktur Utama PT. Inalum Budi G. Sadikin dalam pesan singkatnya y... ..selengkapnya

  • Babinsa Medang Deras Bantu Petani Olah Lahan Menggunakan Hand Tractor

    09 Oktober 2018 12:10:02 WIB Administrator
    Babinsa Medang Deras Bantu Petani Olah Lahan Menggunakan Hand Tractor
    Barometermedan | Batubara ~ Babinsa Koramil 01/Medang Deras, Kodim 0208/Asahan, Kopda Dedi Hardana melaksanakan pendampingan kepada Riyanto, anggota Poktan Tani Sejahtera yang beralamat di Desa Durian, Kecamatan Medang Deras, Kabupaten Batubara, Senin (10/9/2018). Pendampingan yang dilakukan Kopda D... ..selengkapnya

gambar


Pesan Redaksi :

Layanan Mandiri


Silahkan datang / hubungi perangkat desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Lokasi DURIAN

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung