Diduga Keracunan Limbah Tambak Udang, Jutaan Kerang Batu Mati di Medang Deras

admin 04 September 2017 09:36:56 WIB

Pagurawan (SIB) -Diduga akibat pencemaran lingkungan, jutaan kerang batu  budidaya nelayan Desa Durian Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batubara mati sehingga nelayan mendatangi Tambak Udang Kurnia dan Tambak Udang Sri Ratu di Desa Durian guna meminta pertanggung jawaban kedua tambak tersebut, Jumat (1/9).

Kedatangan warga tersebut disambut Ahmad, salah seorang karyawan tambak udang Kurnia. "Kami memang ada membuang air kolam tambak udang, namun kami yakini bahwa tambak ini tidak mengandung racun, kalau air kolam mengandung racun berbahaya tentu udangnya akan mati. Namun walaupun begitu, bapak-bapak datang saja besok sebab teknisinya tidak berada disini," jelas Ahmad.

Amat warga Dusun Pasir Putih kepada SIB menjelaskan, seyogianya mereka panen bulan ini namun harapan itu pupus ketika tambak udang Kurnia membuang air kolam tambak udangnya sehingga kerang pada mati. "Kematian kerang itu kami ketahui sekitar pukul 10.00 WIB tadi pagi waktu saya kabari kepada kawan ternyata nasib yang sama mereka alami, budidaya kerang batu yang ada disini sekitar 40 petak berukuran 40x40 dan dihuni 50 KK. Kerugian yang kami alami berkisar ratusan juta karena satu kolam berbiaya Rp15 juta," pungkas Amat.

Sulpian warga Dusun IX Kampung Besar menambahkan, mereka sudah lima tahun mengelola kerang batu, namun sejak tahun 2017 ini sudah dua kali mengalami gagal panen akibat ulah kedua tambak nakal itu. Karena itu, mereka meminta dinas terkait agar lebih memperhatikan nasib mereka. Kalau ini tidak ditanggapi, mereka akan membawa anak istri ke tambak udang ini.

Kades Desa Durian Jumahari ketika ditemui SIB, Sabtu (2/9) mengatakan, budidaya kerang batu di Desa Durian ini adalah hasil binaan desa. Permasalahan ini bukan sekali ini lagi, namun pihak tambak kurang aspiratif. "Jadi saya dukung yang menyangkut kemajuan ekonomi warga saya," ujar Kades.

Pantauan SIB, sekitar 15 orang perwakilan warga mendatangi tambak Kurnia dan Sri Ratu namun belum ada kejelasan nasib nelayan budidaya kerang batu. (E17/h)

Komentar atas Diduga Keracunan Limbah Tambak Udang, Jutaan Kerang Batu Mati di Medang Deras

Sen 07 September 2017 10:55:55 WIB
Ditindak lanjuti aja msalah tambak itu pak kades, Biar mreka tau?

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

gambar


Pesan Redaksi :

Layanan Mandiri


Silahkan datang / hubungi perangkat desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Lokasi DURIAN

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung