Expo Prukades 2017, Ajang Promosi Kreativitas BUMDes

admin 04 Oktober 2017 09:47:27 WIB

Jakarta - Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa) menjadikan desa tertinggal sebagai salah satu pusat perhatian. Alasannya, wilayah tersebut belum memiliki sarana dan prasarana yang memadai untuk memajukan ekonominya.

Salah satu sarana yang perlu ditingkatkan adalah teknologi. Terlebih, pada era digital sekarang, teknologi merupakan salah satu kebutuhan masyarakat termasuk desa tertinggal untuk menjalankan kegiatan sehari-hari.

 Untuk mendorong rencana tersebut, Kemendesa pun mengusung empat program, yakni Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades), Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Embung, dan saran olahraga desa yang tercantum dalam Instruksi Menteri Nomor 1 Tahun 2017 tentang kegiatan prioritas kementerian.Prukades merupakan wujud pengembangan ekonomi kreatif yang mengoptimalkan segala potensi masyarakat pedesaan melalui hasil karyanya yang juga didukung oleh BUMDes. Melalui BUMDes, para pelaku usaha kecil menengah (UKM) dapat mengembangkan bisnis sesuai keahliannya.Selain itu, Prukades dapat menjadi nilai lebih para UKM untuk mengembangkan dan mempromosikan usaha mereka. Karenanya, pengembangan produk Prukades dilakukan dengan berbasis teknologi dan inovasi.Tak hanya itu, Kemendesa juga menggelar Expo Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades) 2017 yang diadakan di Mezzanine Hall, Thamrin City. Acara yang digelar mulai 28 hingga 30 Juli 2017 ini mempromosikan hasil kreativitas usaha BUMDes sekaligus membuka peluang pemasaran produk unggulan masyarakat desa tertinggal secara luas, baik di dalam maupun luar negeri.“Kami berharap dengan diselenggarakannya Expo Prukades 2017 ini dapat mempromosikan hasil karya masyarakat desa tertinggal dan membuka peluang inventasi dari para investor baik dari dalam maupun luar negeri," ujar Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo, dalam keterangan resminya, Sabtu (29/7/2017).
Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

gambar


Pesan Redaksi :

Layanan Mandiri


Silahkan datang / hubungi perangkat desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Lokasi DURIAN

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung