BUMDES Desa Durian Bergerak di Sektor Peternakan Ayam

admin 13 November 2017 09:38:38 WIB

Desa Durian – Pemerintah desa Durian Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batu Bara Provinsi Sumatera Utara kembali mengajak warganya untuk kembali bekerja sama dalam membangun desa, upaya yang dilakukan oleh Jumahari untuk memajukan peran serta warganya dalam membangun desa, Minggu (12/11/17).

Sebagai kepala desa Jumahari senantiasa berupaya untuk memberdayakan warga untuk pembangunan di desa baik sisi Moral, agama maupun sisi sosial kemasyarakatan lainnya. ” Selaku kepala desa saya senantiasa mengajak warga untuk senantiasa memupuk persatuan dalam membangun desa, karena tentunya saya tak bisa membangun desa ini jika hanya seorang diri, kata Jumahari. Menurutnya, saat ini dia bersama warga sedang menjalankan program yang sudah di musyawarakan bersama warganya yakni peningkatan ekonomi kerakyatan berbasis pemberdayaan masyarakat melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDES).

Sebelum kami jalankan Bumdes ini kami terlebih dulu melakukan musyawarah desa (Musdes) dimana kami sepakati bahwa dana Bumdes 2017 kami gunakan untuk peternakan ayam jenis ayam kampung asal Kabupaten Asahan karena ayam kampung dari sana selain kualitasnya bagus juga cepat pertumbuhannya. Sekitar 40 juta rupiah lebih dana yang kami pakai untuk peternakan ayam ini, karena sebelumnya kami harus melakukan pembuatan kandang dan penyediaan alat-alat lainya yang dibutuhkan untuk pembuatan kandang. Untuk saat ini kami sudah memelihara 1000 ekor ayam kampung yang berumur sekitar 7 hari sehingga butuh ketelitian dalam hal pemberian pakan dan obat-obatan serta multivitaminnya agar ayamnya tetap terjaga kesehatannya, ungkap Jumahari.

Sesuai rencana kami, setelah Usaha Peternakan Ayam ini berhasil maka ketiga dusun di desa ini akan kami dirikan kandang ayam untuk pemeliharaan ayam kampung, karena untuk saat ini sudah ada pengusaha rumah makan dan pedagang ayam yang mengajak kerjasama dengan kami sehingga prioritasnya sangat menjanjikan, ucapnya.

Disisi lain menurut Jumahari, dana Bumdes yang sisanya 50 juta rupiah itu di salurkan untuk jenis usaha lain melalui BUMDES berupa perlengkapan dan alat Tangkap Kepiting bagi para nelayan.

Harapan kami selaku pemerintah di desa dalam pengelolaan BUMDES ini agar bisa berjalan dengan baik, karena tentunya jika semua berjalan dengan baik maka dengan sendirinya kesejahteraan akan dirasakan oleh masyarakat itu sendiri, kami selaku pemerintah tentunya akan berupaya untuk tetap melakukan pembinaan dan pengawasan dalam pengelolalaan dana Bumdes ini, harap Jumahari. (Ns)

 

Komentar atas BUMDES Desa Durian Bergerak di Sektor Peternakan Ayam

Admin 17 November 2017 11:45:12 WIB
Amiiinnnn semoga desa kita menjadi lebih baik dan menjadi contoh desa lain...
warga 13 November 2017 10:16:10 WIB
Semoga terus berkembang dan bisa menjadi contoh desa lain semangaattt desa durian

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

gambar


Pesan Redaksi :

Layanan Mandiri


Silahkan datang / hubungi perangkat desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Lokasi DURIAN

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung