Bantuan Program PKH

admin 21 Desember 2017 11:30:41 WIB

PKH adalah program perlindungan sosial yang memberikan bantuan tunai kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) dan bagi anggota keluarga RTS diwajibkan melaksanakan persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan.Program ini, dalam jangka pendek bertujuan mengurangi beban RTSM dan dalam jangka panjang diharapkan dapat memutus mata rantai kemiskinan antar generasi, sehingga generasi berikutnya dapat keluar dari perangkap kemiskinan.Pelaksanaan PKH juga mendukung upaya pencapaian Tujuan Pembangunan Millenium. Lima Komponen yang akan terbantu oleh PKH yaitu: Pengurangan penduduk miskin dan kelaparan; Pendidikan Dasar; Kesetaraan Gender; Pengurangan angka kematian bayi dan balita; Pengurangan kematian ibu melahirkan.

"Program ini dalam jangka pendek bertujuan mengurangi beban rumah tangga sangat miskin dan jangka panjang diharapkan dapat memutus mata rantai kemiskinan antar generasi, sehingga generasi berikutnya dapat keluar dari perangkap kemiskinan," kata Delima selaku perwakilan dari Dinas Sosial dalam keterangan tertulis di Desa Durian, Selasa 22 November 2017..

Khofifah selaku warga mengatakan, dengan pencairan dana PKH, warga diajak gemar menabung. "Pada tahap pertama, menerima Rp 700.000 dan yang dibutuhkan Rp 300.000, sehingga sisanya bisa ditabung Rp 4.00.000," tuturnya.

Menurut dia, jika semua beban kehidupan masyarakat miskin dapat dikurangi dengan PKH maka mereka bisa konsentrasi mendidik anak-anaknya untuk bisa berprestasi, lanjut Khofifah saat penyerahan bantuan sosial PKH di Balai Desa Durian,

Delima mencontohkan, di Jawa ada anak-anak penerima bantuan PKH bisa sekolah sampai level perguruan tinggi bahkan ada yang kuliah di China dan sejumlah negara di kawasan Asia lainnya. Untuk bisa melahirkan generasi yang berprestasi lainnya, maka penyaluran PKH harus bisa tepat sasaran.

Oleh karenanya, pemerintah telah menggulirkan penerima bantuan PKH "Bantuan ini ditujukan agar masyarakat tidak menghabiskan uangnya sekaligus tetapi bisa menabung dan diambil bila diperlukan," tambahnya. ( Ns )

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

gambar


Pesan Redaksi :

Layanan Mandiri


Silahkan datang / hubungi perangkat desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Lokasi DURIAN

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung