Musdes desa durian

admin 23 Januari 2018 15:08:05 WIB

Berdasarkan ketentuan Undang-Undang Nomor 06 Tahun 2014 tentang Desa beserta Peraturan Pelaksanaannya, pemerintah desa wajib menyusun Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) yang merupakan penjabaran Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM Desa) sebagai satu-satunya Dokumen perencanaan di desa.

Untuk melaksanakan ketentuan tersebut, dalam rangka Penyusunan RKPDesa tahun 2018 Pemerintah Desa Durian, Kecamatan Medang Deras, Kabupaten Batubara, dilaksanakan musyawarah desa penyusunan RKP Desa hari Kamis Tanggal (28/12/ 2017)  sekitar pukul 09.00 Wib di Balai kantor Desa Durian.

Musyawarah Desa ini dihadiri oleh beberapa pendamping Desa. Sekertaris Desa Hardiansyah Maknah , unsur Perangkat Desa, BPD, Tokoh Masyarakat dan tokoh pemuda, dalam acara tersebut dipimpin oleh KAUR Desa Durian Boston Sijabat, Jumlah yang hadir dalam kegiatan ini yaitu sekitar 40 orang peserta.

Adapun jalannya acara dalam musyawarah Desa ini diawali dengan pembukaan oleh protokol dan dilanjutkan penyampaian pengantar musdes oleh KAUR Desa Durian Boston Sijabat

Dalam sambutannya Boston Sijabat menyebutkan bahwa kegiatan musyawarah Desa ini adalah merupakan kegiatan Rutin dilaksanakan setiap tahun, karena hasil dari musyawarah ini menjadi bahan masukan dalam penyusunan RKP desa untuk tahun berikutnya.

Agenda berikutnya memasuki acara inti yaitu Musyawarah desa penyusunan RKP Desa Tahun 2018, dimana didalamnya terdapat Agenda yakni Pencermatan RPJMDesa, Pembentukan Tim Verifikasi dan Tim Penyusun RKPDesa.

Pemaparan Pemerintah Desa tentang Rencana Prioritas Program/kegiatan di bidang penyelengaraan pemerintahan, pembangunan, pembinaan masyarakat dan pemberdayaan masyarakat berdasarkan RPJMDes tahun rencana yang disampaikan oleh Sekertaris Desa Hardiansyah Maknah.

Setelah dilakukan pembahasan terhadap materi, selanjutnya seluruh peserta musyawarah desa menyepakati beberapa hal yang berketetapan menjadi kesepakatan akhir dari musyawarah desa dalam rangka penyusunan RKP Desa yaitu, menyepakati hasil Pencermatan RPJMDes dan usulan dari masing-masing masyarakat yang akan dijadikan bahan masukan pada Musrenbang yang akan dilaksanakan nantinya.

"Semua usulan dari dusun akan ditampung dan dimusyawarahkan yang mana jadi prioritas atau diutamakan untuk dikerjakan pada tahun 2018", ujarnya.

 

Sementara itu Kepala Desa Durian Jumahari menyampaikan bahwa Musyawarah Desa ini dilaksanakan karena untuk menindaklanjuti usulan program pembangunan yang telah dimusyawarahkan di 15 dusun di Desa Durian dan akan ditampung untuk dilaksanakan pada tahun depan.

Hasil kesepakatan dituliskan dalam Berita Acara yang ditandatangani oleh Kepala Desa Jumahari serta Wakil Ketua BPD Musa dan Tokoh Masyarakat.

Acara dilanjutkan dengan penutupan secara resmi oleh pimpinan musyawarah.
Dengan selesainya acara Musyawarah Desa Penyusunan RKP Desa Tahun 2018, mendorong Pemerintah Desa untuk tidak keluar dari apa yang mejadi hasil keputusan musyawarah, dengan harapan segera terselesainya rancangan RKP Desa yang nantinya bisa dibawa ke Musrenbang sehingga mampu menghasilkan RKP Desa Tahun 2018 sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat.

( Ns )

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

gambar


Pesan Redaksi :

Layanan Mandiri


Silahkan datang / hubungi perangkat desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Lokasi DURIAN

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung