Hasil Musrenbang Desa Durian Tahun 2018

admin 29 Januari 2018 09:29:45 WIB

Desa Durian – Sesuai amanat Undang-Undang No. 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (UU-SPPN), salah satu tahap yang harus dilalui dalam proses penyusunan rencana pembangunan jangka panjang, jangka menengah, dan tahunan adalah melalui penyelenggaraan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas). Dalam Pasal 20, Ayat (1) UU-SPPN diatur bahwa Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menyiapkan rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah (RKP) setiap tahunnya.

Pada Musrenbang (Musyawarah Rencana Pembangunan) Desa tahun 2017 yang digelar Pemerintah Desa  Durian, Kamis (25/01/2018) bertempat di Kantor Kepala Desa Durian, Kecamatan Medang Deras, Kabupaten Batu Bara, masyarakat Desa Durian sampaikan sebanyak 5 usulan. Musrenbang berlangsung dihadiri puluhan masyarakat Desa Durian, Kepala Desa, Sekretaris Desa, Tokoh masyarakat,Pendamping Lokal Desa dan Ketua BPD yang sekaligus membuka jalannya Musrenbang secara resmi.

Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Durian Frans H. Raja Gukguk saat membuka jalannya Musrenbang mengatakan, dirinya berharap kepada masyarakat, agar menyampaikan usulan yang lebih penting pada Musrenbang berlangsung.

“Pada kesempatan Musrenbang kali ini, saya berharap, kiranya masyarakat yang hadir dapat menyampaikan usulan-usulan yang sangat penting, tidak semata hanya usulan pembangunan jalan dan lening irigasi, tapi lebih kepada usulan yang bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,” katanya.

Sementara itu, salah satu Tokoh masyarakat setempat Untung Siregar juga menyampaikan, kiranya ADD (Alokasi Dana Desa) dan DD (Dana Desa) nantinya, dapat bermanfaat sebaik mungkin untuk masyarakat Pardugul.

“Selaku Tokoh masyarakat, saya berharap ADD dan DD nantinya, agar dimanfaatkan sebaik mungkin untuk kesejahteraan masyarakat Desa Durian, dan pemerintah Desa turut melibatkan tokoh-tokoh masyarakat dalam upaya percepatan pembangunan Desa dan urusan lainnya di Desa,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Desa Durian Jumahari menjelaskan, besaran anggaran Dana Desa Durian untuk tahun 2018 belum diketahui, namun yang pasti akan lebih besar dari anggaran tahun sebelumnya.

Lebih lanjut, Jumahari menyampaikan, agar masyarakat saat menyampaikan usulan, tidak mengusulkan kepentingan pribadi, tapi lebih kepada kepentingan umum. “Ketika memberikan usulan, misalnya pembukaan jalan, harus dipertimbangkan secara matang. Karena untuk pembukaan jalan, harus ada pembebasan lahan, sehingga saat pelaksanaan pembangunan tidak terbentur dilapangan. Jadi jangan karena mengusulkan kepentingan pribadi, pelaksanaan pembangunan terhambat,” imbuhnya.

Tidak lupa, pada Musrenbang berlangsung, Kepala Desa juga membacakan Review usulan tahun sebelumnya. Dan menjelaskan, dari 3 usulan masyarakat Desa Durian pada tahun 2016 lalu, 1 (Satu) usulan diantaranya sudah terealisasi.

Adapun sebanyak 5 usulan masyarakat Desa Durian pada Musrenbang tahun 2018, yaitu :

1. Lanjutan Pembangunan Hotmik Dari Dusun Damai Menuju Dusun Pematang raden.

2. Pembuatan Lening  Irigasi Sawah di Dusun Abadi Sepanjang 1000 M.

3. Pembangunan Hotmix Dusun Utama Menuju Dusun tanah Lapang

4. Perawatan Tanggul Sungai Sepanjang 2000 M

5. Rabat Beton Dusun Abadi

Nika Susilo, Jurnalis Warga/SID Desa Durian

Komentar atas Hasil Musrenbang Desa Durian Tahun 2018

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

gambar


Pesan Redaksi :

Layanan Mandiri


Silahkan datang / hubungi perangkat desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Lokasi DURIAN

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung