Serdang Bedagai kembangkan sistem informasi desa

Administrator 26 November 2018 12:46:19 WIB

Seirampah (Antaranews Sumut) - Pemerintah Kabupaten Serdang bedagai, Sumatera Utara, mendorong perangkat desa untuk lebih mengembangkan Sistem Informasi Desa (SID) yang selama ini sudah diterapkan dalam upaya untuk meningkatkan perekonomian masyarkaat desa.
     
Bupati Serdang Bedagai, Soekirman di Seirampah, Selasa, mengatakan, banyak manfaat dari penggunaan SID, namun semua itu perlu dilakukan evaluasi tentang pengembangannya ketahap lebih lanjut. 

Hal ini tentu berdampak positif pada peningkatan perekonomian masyarakat desa tersebut.

"Seperti hal nya yang ada di Desa Tanjung Harap Kecamatan Serbajadi yang telah melakukan promosi dan penjualan lewat SID dan hasilnya banyak sekali permintaan dari masyarakat," katanya. 

Hal itu ia sampaikan saat menerima audiensi Yayasan Bina Keterampilan Pedesaan (BITRA) Indonesia dan Combine Resource Institution (CRI) sebuah lembaga sumberdaya jaringan informasi berbasis komunitas di Yogyakarta.

Sementara terkait revolusi industri 4.0, ia mengatakan, semua pihak tentunya dituntut untuk dapat mengikuti perkembangan teknologi. 

Beberapa waktu yang lalu, jajaran Pemkab Serdang Bedagai melakukan lawatan ke Pemkot Bandung untuk mengadopsi e-SAKIP dan Whistle Blowing System (WBS). 

"Hal itu merupakan salah satu upaya dalam menciptakan tatanan pemerintahan yang baik dan bersih. Dengan adanya pertemuan ini kami berharap SID yang ada di Serdang Bedagai dapat di evaluasi dan SID akan membawa dampak terhadap peningkatan perekonomian masyarakat," katanya.

Sementara Manajer Unit Pengelolaan CRI Elanto Wijoyono, mengatakan, BITRA dan CRI sedang mengupdate informasi terkait dengan SID yang kini juga sedang ditindaklanjuti.

"Serdang Bedagai merupakan daerah yang lebih aktif dengan capaian lebih optimal dibanding daerah lain yang telah kami dampingi," katanya.

Terkait dengan SID,lanjut dia, pada tatanan pemerintahan desa dituntut dapat menyajikan data dan informasi secara akurat, namun yang jadi masalah saat ini adalah menginputan data yang sama dengan sistem aplikasi yang berbeda. 

"Dalam hal ini Dinas Kominfo sangat berperan terhadap sistem informasi yang terjadi dengan konsep satu data sehingga terintegrasi antara Bappeda-PMD dan Kominfo," katanya.

Komentar atas Serdang Bedagai kembangkan sistem informasi desa

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

gambar


Pesan Redaksi :

Layanan Mandiri


Silahkan datang / hubungi perangkat desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Lokasi DURIAN

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung