Serdang Bedagai kembangkan sistem informasi desa

Administrator, 26 November 2018 12:46:19 WIB

Seirampah (Antaranews Sumut) - Pemerintah Kabupaten Serdang bedagai, Sumatera Utara, mendorong perangkat desa untuk lebih mengembangkan Sistem Informasi Desa (SID) yang selama ini sudah diterapkan dalam upaya untuk meningkatkan perekonomian masyarkaat desa.
     
Bupati Serdang Bedagai, Soekirman di Seirampah, Selasa, mengatakan, banyak manfaat dari penggunaan SID, namun semua itu perlu dilakukan evaluasi tentang pengembangannya ketahap lebih lanjut. 

Hal ini tentu berdampak positif pada peningkatan perekonomian masyarakat desa tersebut.

"Seperti hal nya yang ada di Desa Tanjung Harap Kecamatan Serbajadi yang telah melakukan promosi dan penjualan lewat SID dan hasilnya banyak sekali permintaan dari masyarakat," katanya. 

Hal itu ia sampaikan saat menerima audiensi Yayasan Bina Keterampilan Pedesaan (BITRA) Indonesia dan Combine Resource Institution (CRI) sebuah lembaga sumberdaya jaringan informasi berbasis komunitas di Yogyakarta.

Sementara terkait revolusi industri 4.0, ia mengatakan, semua pihak tentunya dituntut untuk dapat mengikuti perkembangan teknologi. 

Beberapa waktu yang lalu, jajaran Pemkab Serdang Bedagai melakukan lawatan ke Pemkot Bandung untuk mengadopsi e-SAKIP dan Whistle Blowing System (WBS). 

"Hal itu merupakan salah satu upaya dalam menciptakan tatanan pemerintahan yang baik dan bersih. Dengan adanya pertemuan ini kami berharap SID yang ada di Serdang Bedagai dapat di evaluasi dan SID akan membawa dampak terhadap peningkatan perekonomian masyarakat," katanya.

Sementara Manajer Unit Pengelolaan CRI Elanto Wijoyono, mengatakan, BITRA dan CRI sedang mengupdate informasi terkait dengan SID yang kini juga sedang ditindaklanjuti.

"Serdang Bedagai merupakan daerah yang lebih aktif dengan capaian lebih optimal dibanding daerah lain yang telah kami dampingi," katanya.

Terkait dengan SID,lanjut dia, pada tatanan pemerintahan desa dituntut dapat menyajikan data dan informasi secara akurat, namun yang jadi masalah saat ini adalah menginputan data yang sama dengan sistem aplikasi yang berbeda. 

"Dalam hal ini Dinas Kominfo sangat berperan terhadap sistem informasi yang terjadi dengan konsep satu data sehingga terintegrasi antara Bappeda-PMD dan Kominfo," katanya.

Artikel Terkini

  • Pemerintah akan Bangun Internet dan Aplikasi di Desa Terpilih

    06 September 2017 11:27:02 WIB admin
    Pemerintah akan Bangun Internet dan Aplikasi di Desa Terpilih
    Jakarta, CNN Indonesia - Kementerian Komunikasi dan Informatika telah memiliki program Desa Broadband Terpadu yang menjanjikan pembangunan akses Internet di beberapa kabupaten, dan membuka peluang kepada pengembang untuk menyediakan aplikasi digital yang relevan dengan potensi desa. Kementerian yang... ..selengkapnya

  • Perjuangan Pemekaran Kabupaten Batubara

    04 September 2017 14:22:33 WIB admin
    Perjuangan Pemekaran Kabupaten Batubara
    ... ..selengkapnya

  • Diduga Keracunan Limbah Tambak Udang, Jutaan Kerang Batu Mati di Medang Deras

    04 September 2017 09:36:56 WIB admin
    Diduga Keracunan Limbah Tambak Udang, Jutaan Kerang Batu Mati di Medang Deras
    Pagurawan (SIB) -Diduga akibat pencemaran lingkungan, jutaan kerang batu  budidaya nelayan Desa Durian Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batubara mati sehingga nelayan mendatangi Tambak Udang Kurnia dan Tambak Udang Sri Ratu di Desa Durian guna meminta pertanggung jawaban kedua tambak tersebut,... ..selengkapnya

  • Hasil Laut

    29 Agustus 2017 11:00:08 WIB admin
    Hasil Laut
    Sebagai negara dengan 18.306 pulau, Indonesia sebenarnya diberkahi dengan berlimpah makanan dari air. Termasuk di antaranya ikan air laut. Food and Agricultural Organization (FAO) mencatat Indonesia merupakan negara produsen kedua terbesar ikan laut. Di tahun 2014, produksi perikanan tangkap dari la... ..selengkapnya

  • Kawasan Kuala Tanjung Diproyeksi Jadi Kota Baru

    29 Agustus 2017 10:37:52 WIB admin
    Kawasan Kuala Tanjung Diproyeksi Jadi Kota Baru
    MEDAN– Pemerintah memproyeksi kawasan industri Kuala Tanjung yang meliputi Kabupaten Batubara dan Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara menjadi kota baru dengan berbagai program pengembangan industri. Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindus... ..selengkapnya

  • Ekonomi

    29 Agustus 2017 10:30:38 WIB admin
    Ekonomi
    Kabupaten Batubara merupakan daerah potensial untuk berkembang menjadi daerah industri. Betapa tidak, daerah Kuala Tanjung, salah satu desa di Kab. Batubara, telah ditetapkan menjadi Daerah Ekonomi Khusus. Ini merupakan pengembangan wilayah industri dari KIM (Kawasan Industri Medan). Sebagai pioneer... ..selengkapnya

  • Wisata di Kab. Batubara

    29 Agustus 2017 10:26:50 WIB admin
    Wisata di Kab. Batubara
    Banyak sekali potensi wisata yang masih belum dikelola dengan baik di Kabupaten baru ini seperti: Pantai Kuala Sipare Pantai Jono Pantai Perjuangan (Jl. Access Road Inalum, Desa Lalang, Kec. Medang Deras, Kab. Batubara) Pantai Bunga (Kec. Talawi, Kab. Batubara) Pantai Sejarah (Desa Parupuk... ..selengkapnya

  • Penting nya Papan Petunjuk Arah di Desa Durian

    28 Agustus 2017 10:11:37 WIB admin
    Penting nya Papan Petunjuk Arah di Desa Durian
    jika kita melakukan perjalanan ke desa yang belum pernah kita kunjungi, atau paling tidak kita berjalan di perempatan jalan utama di daerah kita, maka kalau kita memperhatikan, biasanya terdapat papan petunjuk arah yang terpasang di ruas-ruas jalan utama jika jalan tersebut bercabang, entah pertigaa... ..selengkapnya

gambar


Pesan Redaksi :

Layanan Mandiri


Silahkan datang / hubungi perangkat desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Lokasi DURIAN

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung