Serdang Bedagai kembangkan sistem informasi desa

Administrator, 26 November 2018 12:46:19 WIB

Seirampah (Antaranews Sumut) - Pemerintah Kabupaten Serdang bedagai, Sumatera Utara, mendorong perangkat desa untuk lebih mengembangkan Sistem Informasi Desa (SID) yang selama ini sudah diterapkan dalam upaya untuk meningkatkan perekonomian masyarkaat desa.
     
Bupati Serdang Bedagai, Soekirman di Seirampah, Selasa, mengatakan, banyak manfaat dari penggunaan SID, namun semua itu perlu dilakukan evaluasi tentang pengembangannya ketahap lebih lanjut. 

Hal ini tentu berdampak positif pada peningkatan perekonomian masyarakat desa tersebut.

"Seperti hal nya yang ada di Desa Tanjung Harap Kecamatan Serbajadi yang telah melakukan promosi dan penjualan lewat SID dan hasilnya banyak sekali permintaan dari masyarakat," katanya. 

Hal itu ia sampaikan saat menerima audiensi Yayasan Bina Keterampilan Pedesaan (BITRA) Indonesia dan Combine Resource Institution (CRI) sebuah lembaga sumberdaya jaringan informasi berbasis komunitas di Yogyakarta.

Sementara terkait revolusi industri 4.0, ia mengatakan, semua pihak tentunya dituntut untuk dapat mengikuti perkembangan teknologi. 

Beberapa waktu yang lalu, jajaran Pemkab Serdang Bedagai melakukan lawatan ke Pemkot Bandung untuk mengadopsi e-SAKIP dan Whistle Blowing System (WBS). 

"Hal itu merupakan salah satu upaya dalam menciptakan tatanan pemerintahan yang baik dan bersih. Dengan adanya pertemuan ini kami berharap SID yang ada di Serdang Bedagai dapat di evaluasi dan SID akan membawa dampak terhadap peningkatan perekonomian masyarakat," katanya.

Sementara Manajer Unit Pengelolaan CRI Elanto Wijoyono, mengatakan, BITRA dan CRI sedang mengupdate informasi terkait dengan SID yang kini juga sedang ditindaklanjuti.

"Serdang Bedagai merupakan daerah yang lebih aktif dengan capaian lebih optimal dibanding daerah lain yang telah kami dampingi," katanya.

Terkait dengan SID,lanjut dia, pada tatanan pemerintahan desa dituntut dapat menyajikan data dan informasi secara akurat, namun yang jadi masalah saat ini adalah menginputan data yang sama dengan sistem aplikasi yang berbeda. 

"Dalam hal ini Dinas Kominfo sangat berperan terhadap sistem informasi yang terjadi dengan konsep satu data sehingga terintegrasi antara Bappeda-PMD dan Kominfo," katanya.

Artikel Terkini

  • Tata Kelola Desa

    21 Agustus 2017 09:19:57 WIB Administrator
    Tata Kelola Desa
    Menurut undang undang no. 6 tahun 2014 desa adalah desa dan desa adat atau yang disebut dengan nama lain, selanjutnya disebut Desa, adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan, kepentingan masyarakat setempat berdasarka... ..selengkapnya

  • Sosialisasi Pendampingan Desa dan Pemanfaatan Dana Desa

    21 Agustus 2017 09:17:33 WIB Administrator
    Sosialisasi Pendampingan Desa dan Pemanfaatan Dana Desa
    ... ..selengkapnya

  • Tentang Desa

    21 Agustus 2017 09:14:16 WIB Administrator
    Tentang Desa
     ... ..selengkapnya

  • Pelatihan Penetasan Telur di Desa Durian

    16 Agustus 2017 13:40:32 WIB Administrator
    Pelatihan Penetasan Telur di Desa Durian
    Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anggota kelompok tani yang ada di Desa Durian, Kecamatan Medang Deras, Kabupaten Batu Bara, telah melakukan pelatihan teknologi penetasan telur itik pedaging untuk menghasilkan bibit, dengan menggunakan alat penetasan  sederhana dengan kapa... ..selengkapnya

  • Sambut HUT RI, Polres Batu Bara Bagikan Bendera

    15 Agustus 2017 15:17:34 WIB Administrator
    Sambut HUT RI, Polres Batu Bara Bagikan Bendera
    Batu Bara,Sumatera Utara-andalas Dalam rangka menyambut HUT ke-72 RI, Polres Batu Bara membagi-bagikan bendera merah putih berukuran kecil kepada pengendara sepeda motor dan pengemudi mobil yang melintas di Limapuluh, Selasa (8/8). Pembagian bendera merah putih dilakukan untuk membangkitkan semanga... ..selengkapnya

  • Batubara 151 Desa Dan Kelurahan

    15 Agustus 2017 15:09:18 WIB Administrator
    Batubara 151 Desa Dan Kelurahan
    Batubara, 24/10 (Antarasumut) - Kabupaten Batubara terdapat tujuh Kecamatan 151 Desa/Kelurahan yang beberapa diantaranya merupakan pemekaran dari kecamatan.   Kecamatan yang dimekarkan terdiri dari Kecamatan Medang Deras ditambah dengan Kecamatan Medang Baru, Kecamatan Sei Suka ditambah menjadi... ..selengkapnya

  • 15 Agustus 2017 13:45:03 WIB Administrator
    DIBERITAHUKAN KEPADA SELURUH MASYARAKAT YANG ADA DIDESA DURIAN MAUPUN LUAR DESA SEGERALAH URUS SERTIFIKAT SURAT TANAH ANDA DI DESA DURIAN... ..selengkapnya

  • Terkait Pilkada Batubara 2018, OK Arya Minta Rakyat Cerdas Memilih

    15 Agustus 2017 13:34:59 WIB Administrator
    Terkait Pilkada Batubara 2018, OK Arya Minta Rakyat Cerdas Memilih
    BATUBARA-Bupati Batubara OK Arya Zulkarnain SH MM meminta masyarakat cerdas memilih calon bupati mendatang. Masyarakat diminta tidak asal coblos calon yang tidak jelas visi dan misinya. Sebab bisa saja setelah terpilih akan “bohong” yang muaranya membuat rakyat kecewa. Itu dika... ..selengkapnya

gambar


Pesan Redaksi :

Layanan Mandiri


Silahkan datang / hubungi perangkat desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Lokasi DURIAN

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung